Perang SMS

Seorang temanku, perempuan teman semasa kecil waktu SD. Sore ini tiba-tiba saja mengirimkan sebuah SMS. Isinya adalah meminta petunjuk, arah pertolongan. Bukan untuknya, melainkan untuk kekasihnya. Kronologisnya seperti ini.

Ms. P : Nis, need ur help again. Tempat hp di bandung yg bs install os bb dimana yah?bb laki gw error nih. Semacam itc gt ada gak?thanks

Me : ada, namanya bec. blakang gramed yg di dago.

Ms. P : Daerah mana tuh?gw dr kampung daun,ke arah mana yah niis?thanks

Me : lo tau bip, bandung indah plaza. yg di dago bwh. sebrangnya ad gramed (jl. merdeka). di blakang itu ad gedung bec (bandung electronic center).

Ms. P : Siipp ngerti. Thanks a lot.

Me : Next time, klo menggunakan teknologi harus ngerti lah. sayang duit klo ngikutin trend doang. Use iphone or nexus one.

(Kumat Sotoy-nya)

Ms. P : Hahaha gaaaklahh! Td install software buat kaskus mobile, trus jadinya error gt,layar ditengahnya ada kotak putih gt, dan ga bs diapa2in. Mesti install ulang os.

Me : wahai pengguna bb yang tidak gunain penuh potensi alat yang dipegangnya. jgn blg lo bli bb bwt bbm, twit ama fb doang. klo pake alat tuh dimax in gt gunanya.

Ms. P : Hahhaaaha..iya pak bos!dan bukan krn ikutin trend,tp tmn2 byk yg pake bb,lebih ngelink aja berhubungan dibandingkan dgn iphone. Pengennya jg iphone,keren gila!

Me (edit SMS yg diterima menjadi) : tp tmn2 byk yg pake bb <- trend

Ms. P : Hahahaa jgn liat dr sisi itunya,buat memudahkan komunikasi (langganan internetkan,klo cm bs komunikasi lwt ym aja,rugi dong jatuhnya klo pake iphone,g bs bbm)

(Membaca SMS itu perlahan-lahan, mulai mengobservasi pembelaannya)

Me : di itung jg lah cost nya, jgn sembarangan bilang rugi.

Ms. P : Hmm..iphone bukannya lebih mahal yah drpd bb?

Me : sapa yg blg gw lg membahas mahalan yg mana. kan lg dibahas apa gunanya lo pk bb. dan apakah lo menggunakan alat itu dengan potensi penuhnya. di itung operational costnya jg, kan lo bli pulsa ama langganan bb service tuh. mending pk hp biasa.

Ms. P : Ohh ic..tapi gw memanfaatkan smuanya..email juga bwt kerjaan kantor,gps buat nyari2 jalan krn gw suka ngider2 ke proyek2 kantor..ga kyk abg yg buat gaya aja

Me (dengan cepat melakukan pembalasan) : hahaha, buktinya lo nanya td bb error dibetulin dmn. kan uda ada gps tuh.

Ms. P : Hahahaha..gw kan ga tau jalannya apa,nama tempat mana bisa nyari di gps,di foyage br bs. Docs to go dan pdf,buat nyari bahan2 buat standar K3,krn gw ga ada laptop.

Me (membantai tanpa ampun) : percuma klo pk bb tp hal simple ky browsing nanya k the almighty google aj g bs. hal dasar ky gt. klo tempat doang nanya k mbah google aj, masa gt g kepikiran.

Ms. P (masih menolak untuk kalah) : Satu hal lg yg paling penting,kerjaan gw itu mobile,ga diem dikantor. Klo bw laptop kmn2 pr bgd. Gitu niss

(Mau kerja kok malas, haduh tipikal-tipikal SDM jaman skarang.)

Me : emg gunanya apaan aja si bb lo itu bwt urusan kantor?

Ms. P : Gw bs buat laporan dr docs-nya,dan langsung dikirim by email/ada temuan2 di lapangan,lgsng bs gw inform ke bos2 gw biar di follow-up. Trus klo brows,gw sering trutama buat urusan kantor,baca2 detik krn gw jarang bgd nonton tv. Hayooo??klo gw stay di office,bb akan percuma gw beli.

(Berpikir sendiri, malas banget kalau disuruh bikin laporan lewat Black Berry. Keypad-nya kecil-kecil gitu.)

Me : spt nya smartphone kelas bawah jg bs deh. bli nexian aje. mang gawe lo paan si?

Ms. P : Haduuhhh!! Hari gini belom lulus..lo pinter gt nis, haahaa kerja buat melanjutkan level kehidupan gw slanjutnya (ngasah otak dan kemampuan)

(Jawaban mulai klise dan beralih ke topik-topik yang jauh dari fokus utama perdebatan tidak penting ini.)

Me : ttp aj lo rugi bli bb. gawe lo paan serius nyet?

Ms. P : Hahaha..iya daah,ga mau ngalah bgd dr td xp...gw safety, di vivere (konstruksi desain),gw kliling2 project mulu

Me: ho i see. jd lo mo tau kg kerugian bb apa?

Ms. P : Hmm apa?blum merasakan kerugiannya apa hehehe

Me : itu yg membedakan kenapa lo disana pk bb & kerja keras sedangkan gw dsini sante". perbedaan pola pikir. yakin mau tau?

Ms. P : Hahahaha...lo kerja apa sih?

Me : mahasiswa santai.

(Semua perbincangan diatas, disadur langsung dari Inbox & Sent items.)

Setelah itu tidak ada balasan, padahal tadinya mau diberi sedikit pencerahan tentang alat komunikasi yang sedang naik daun itu.

Black Berry (BB) adalah sebuah alat komunikasi... tepatnya fungsi utama adalah push email, atau semacam itulah. Memang temanku itu memaparkan segala kegunaan fungsi BB untuknya dan segala urusan kantornya. Tapi tahukah kamu, wahai para pembaca yang setia...

BB dahulu kala, sebelum naik daun. Biasanya diberikan untuk para pekerja secara gratis oleh pihak kantor. Jaman itu, seluruh teman-temanku yang lebih tua usianya --- yang sudah melalaui pahit manisnya dunia kerja --- biasanya mengeluh jikalau para atasan sudah memberikan bonus hadiah berupa BB. Mengapa? Mengapa mereka mengeluh setiap diberikan BB? (Tentunya hal ini berlangsung sebelum BB naik daun, sekitar 4-5 tahun silam.)

BB alat kerja kantoran untuk memudahkan komunikasi. Tapi tahukah kamu, wahai para pembaca yang penuh rasa penasaran...

BB akan memakan waktumu, ya! Waktu, aset paling berharga yang kita miliki. Untuk yang tidak merasakan kerugiannya, mari aku beri sedikit situasi yang menggambarkan hal ini:

Hari itu libur panjang, tanggal merah di hari Jumat. Long Weekend, kamu dan teman-temanmu memutuskan untuk keluar kota dan menikmati sebuah hiburan untuk melepas penat setelah banting tulang bekerja selama ini. Namun tiba-tiba saja BB-mu berbunyi. Sebuah email masuk. Email yang berisi sebuah pekerjaan tentunya! Email dari sang bos.

Secara kasarnya, waktu yang kamu miliki perlahan-lahan dibeli oleh pihak perusahaan. Terutama waktu diluar jam kerja. Hey, jika aku pemilik usaha besar, harga dibawah 10 juta masih murah. Tidak sebanding dengan investasi jangka panjang yang aku berikan untuk mereka, yaitu mendapatkan jam kerja lebih diluar jam kerja yang ditentukan, diluar jam kerja kantoran (dan biasanya pihak perusahaan memang lebih cerdik, apakah dibayar uang lembur?)

Namun, yah... apa boleh dikata. BB sudah menjadi trend. Bagus! Lebih banyak keuntungan untuk pihak perusahaan, karena tidak perlu lagi membelikan BB untuk para pekerjanya. Hehehe.

Selamat menikmati BB.



Catatan:
Untuk pengguna BB silahkan tersinggung lalu membela mati-matian juga diperbolehkan. Aku siap melayani dengan nokia layar hitam putih milikku ini hahahaha!