Pertanyaan Sulit

Selama aku hidup di dunia ini, aku memiliki beberapa pertanyaan yang sulit... bahkan bisa dianggap sebagai pertanyaan yang sangat sukar untuk dijawab, setidaknya untuk diriku sendiri dan mungkin untuk semua orang lain yang menginjak bumi ini. Beberapa pertanyaan itu terlihat sangat sederhana, namun entah mengapa memutar otak selama tujuh hari berturut-turut belum tentu terjawab. Bahkan ada beberapa orang yang sudah berusaha untuk menjawab selama tujuh tahun tetapi masih belum beruntung. Pertanyaan itu adalah...

"Siapakah aku?"

"Mengapa aku hidup?"

"Apa gairahku dalam menjalani hidup ini?"

...

"Apa yang harus aku lakukan sekarang?"

Sayangnya aku termasuk orang yang paling beruntung, sehingga beberapa pertanyaan itu telah terjawab. Namun, bukan berarti hal itu memastikan bahwa jawaban itu akan sama dari masa ke masa. Waktu yang memiliki kuasa untuk merubah itu semuanya, tergantung seberapa besar jiwa yang menaungi raga sempit ini.

Bagaimana denganmu?