CMYK?

Dua orang mahasiswa tanpa kerjaan mengobrol ditengah malam sembari membunuh waktu. Kepulan asap nikotin menemani diriku sementara dirinya sibuk mengunyah makanan kecil. Aku sebagai seorang mahasiswa ekonomi dan ia seorang mahasiswa seni. Pembicaraan kami berlangsung sangat aneh, melompat-lompat dari satu topik ke topik lain seperti kutu loncat. Namun yang paling aneh adalah ini:

"Weh, lo klo bikin karya merhatiin warna dan gradasi kaga si?" Aku bertanya.

"Perhatiin lah, biar asik diliat. Perlu banyak eksperimen tapi biar oke hasil akhirnya."

"Hoo gt toh, lo tau kalibrasi warna?"

"Basi ah, makanan sehari-hari."

"Ampun juragan. Trus warna-warna dasar tuh apa?"

"Warna dasar si klo ga salah merah kuning biru."

"Hoo bukan merah hijau biru?" Aku meragukan jawabannya.

"Bukan! Itu RGB, warna yang di monitor standar."

"Iya gw kira itu warna dasar. Klo CMYK tau?" Aku menginterogasi lebih lanjut.

"Tau lah!"

"Kepanjangannya apa si?"

"Cyan Magenta Yellow... K... nya apa ya?"

"Kuning! Hahahaha" Aku menimpali dengan cepat.

"Bukan nyeeeeet! Gw lupa lg."

"Gw juga lupa, perasaan gw dulu tau deh. Ada kok di memori gw, cuma kenapa ni kaga bisa diambil. Sialan! Makanya tadi gw nanya lo, sapa tau lo inget."

"K... k-nya apa ya? Buset jadi lupa gini."

"Kuning! Kuning. Uda kita anggap kuning aja gmn?" Aku bernegosiasi dengannya.

"Kaga, ada kok. Kepanjangannya."

"Coba skarang warna yang huruf depannya pake 'K' apa? Bahasa Inggris pula." Aku menantang.

"Apa ya... hmm hmm..." Ia kebingungan

Mungkin kami berdua memang tingkat pemula dalam bahasa inggris, kosakata warna yang diketahui masih sedikit. Aku sendiri tidak tahu warna cyan itu seperti apa, magenta seperti apa. Kalau yellow aku tahu, warnanya seperti tinjaku setelah 3 hari berturut-turut makan mie goreng apabila kondisi keuangan sedang sakaratul maut.

"Kuning ya? Ok?" Aku masih keras kepala.

"Ya uda untuk sementara kita anggap K-nya itu kuning. Nanti lo cari di internet ya. Klo da tau kasih tau gw." Akhirnya ia menyerah.

"Siap!"

Sesudah diskusi sok intelek kecil-kecilan yang telah selesai kami laksanakan, aku pulang kembali ke kosan dengan penuh rasa penasaran. Setelah diberikan pencerahan oleh 'Mbah Google' akhirnya ketemu juga jawabannya.

Mahluk bodoh mana si yang menciptakan singkatan ini? Kalau 3 awalan akronim awalnya sudah diperkirakan warna, siapa yang bakal tahu kepanjangan dari si K tadi? GILA!

Jawaban dari kepanjangan CMYK dan tentang asal mula maupun seluk-beluknya bisa dilihat disini.

Atau kalian bisa mencontek dengan cepat, silahkan membaca kalimat selanjutnya.



Fucking Key or BlacK! Who the stupid goddamn motherfucker transvestite that created this inconsistent acronym? I hope the one who did it gets pussy-slapped by all the geeks around the world.